Siapa Juara Liga Premier Inggris 2019? Ini Jawabannya

Liga Premier Inggris adalah salah satu liga paling kompetitif di dunia. Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika di liga ini tak ada satu tim pun yang bisa menjuarainya berurutan dalam kurun waktu yang sangat lama. Lalu, siapa juara Liga Premier Inggris 2019 kemarin?

Apa itu UEFA Nations League

Musim 2019/20 kemarin bisa disebut sebagai salah satu musim terhebat bagi klub Premier League, Liverpool. Bagaimana tidak, setelah sukses menjuarai Liga Champions di musim 2018/19, mereka sukses meraih titel Liga Premier Inggris di musim 2019/20 kemarin. Raihan ini terasa sangat spesial karena The Reds (julukan Liverpool) sudah puasa gelar liga selama 30 tahun lamanya.

 

Ya! Liverpool sejatinya merupakan salah satu tim elit di tanah Britania. Namun, mereka sudah nirgelar liga selama 30 tahun. Terakhir kali klub asal Merseyside ini meraih juara Liga Inggris adalah pada musim 1989/1990. Selama periode itu, The Reds tercatat sebanyak 5 kali menjadi runner-up, salah satunya adalah di musim 2018/19 ketika Manchester City keluar sebagai juara.

 

Prestasi gemilang Liverpool di musim 2019/20 bukan hanya dikarenakan mereka berhasil mengakhiri puasa gelar juara liga saja. Namun, skuat asuhan Jurgen Klopp itu juga mencatatatkan sejarah dengan menjadi tim yang memastikan gelar juara tercepat di era Premier League. Mereka memastikan titel tersebut ketika masih memiliki 7 pertandingan sisa.

 

Secara keseluruhan, Jordan Henderson dkk mengakhiri Liga Premier 2019/20 dengan perolehan 99 poin. Sepanjang musim, mereka meraih 32 kemenangan, 3 hasil imbang, dan hanya 3 kali kalah dari total 38 pertandingan. Catatan tersebut membuat Liverpool unggul 18 poin dari peringkat kedua, Manchester City di klasemen akhir.

 

Padahal, di awal musim, banyak pihak yang lebih menjagokan Manchester City untuk meraih trofi Premier League ketiga mereka secara berturut-turut. Namun, pertanyaan mengenai siapa juara Liga Premier Inggris 2019 pun perlahan terjawab ketika memasuki tengah musim ketika Liverpool memperlihatkan keperkasaan mereka. The Reds bahkan nyaris tak tergusur dari puncak klasemen sejak awal musim.

 

Liverpool merayakan prosesi angkat trofi Premier League ketika mereka melakoni laga kandang terakhir di Anfield. Kala itu, mereka harus berhadapan dengan Chelsea yang sukses mereka gulung dengan skor telak 5-3. Hasil tersebut pun seakan menjadi ‘obat’ bagi penggawa The Reds yang harus merayakan gelar juara tanpa kehadiran fans menyikapi pandemi virus Corona.

 

Meski demikian, terdapat beberapa fans yang nekat berdatangan ke Anfield untuk merayakan momen bersejarah itu. Padahal, pihak klub dan kepolisian setempat sudah memberi himbauan kepada para fans Liverpool untuk tidak datang ke stadion.

 

Di dalam prosesi penyerahan trofi, kapten Liverpool, Jordan Henderson mengangkat trofi di area tribun The Kop Anfield, menandai gelar pertama Premier League sejak penantian 30 tahun. Sang kapten menerima trofi dari salah satu legenda Liverpool, Kenny Dalglish sekaligus sosok pelatih yang membawa The Reds menjuarai Liga Inggris 1990. Kenny Dalglish juga cukup sukses ketika berseragam Liverpool di mana ia berhasil mencetak 172 gol dari 515 penampilannya selama periode 1977 – 1990.

Pertanyaan mengenai siapa juara Liga Premier Inggris 2019 kini sudah terjawab. Kini, kita bisa mulai menebak siapakah tim yang akan menjuarai musim 2020/21 ini? Apakah Liverpool akan berhasil mempertahankan gelar musim lalu atau justru ada kejutan dari Chelsea yang mendatangkan banyak pemain baru di bursa transfer. Hingga saat ini, Liverpool memang tidak mendatangkan banyak pemain baru, namun mereka sukses tampil konsisten, setidaknya di awal musim ini.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of