Cari Tahu Kapan Final Liga Champions UEFA Digelar

Salah satu kompetisi antarklub paling bergengsi di dunia, Liga Champions Eropa akan dimulai pada akhir Oktober. Tim-tim kontestan akan melakoni matchday 1 pada 21 dan 22 Oktober mendatang. Drawing babak penyisihan akan digelar pada Kamis (01/10) pukul 18.00 CEST atau 23.00 WIB. Secara keseluruhan terdapat 32 tim yang akan berpartisipasi di ajang ini. Lantas, kapan final Liga Champions UEFA digelar?

Mari Mengenal UEFA Nations League, Kompetisi Baru di Eropa... Halaman all -  Kompas.com

Dari 32 slot yang tersedia, 26 di antaranya sudah ditempati oleh berbagai tim dari kawasan benua biru. Sementara itu, 6 slot sisa akan diperebutkan oleh tim-tim melalui jalur play-off.  Liga Spanyol, Inggris, Italia, dan Jerman menempatkan empat wakilnya di ajang ini berdasarkan koefisian liga UEFA.

 

Tim-tim peserta akan melakoni matchday pertama pada 21 dan 22 Oktober mendatang. Menurut jadwal resmi yang dirilis oleh UEFA, babak penyisihan grup akan berakhir pada 8 dan 9 Desember 2020 mendatang. Setelah itu, para tim yang berhasil menempati posisi 1 dan 2 di masing-masing grup akan melanjutkan perjalanan mereka di fase knockout 16 Besar pada 16 dan 17 Februari 2021 (leg 1) dan dilanjutkan pada 9 dan 10 Maret 2021 (leg 2).

 

Mereka yang berhasil memenangi babak 16 besar akan melaju ke babak perempatfinal. Rencananya, fase ini akan digelar pada 6 dan 7 April (leg 1) dan dilanjutkan pada 13 dan 14 April (leg 2). Empat tim yang berhasil lolos dari babak perempatfinal berhak mendapatkan tiket ke fase semifinal. Berdasarkan jadwal resmi UEFA, fase ini akan dihelat pada 27 dan 28 April (leg 1) sebelum kemudian dilanjutkan pada 4 dan 5 Mei (leg 2)

 

Jika kamu sedang mencari informasi kapan final Liga Champions UEFA digelar, otoritas tertinggi sepakbola Eropa (UEFA) juga sudah merilis jadwal untuk laga final Liga Champions musim 2020/21. Laga tersebut akan dihelat pada 29 Mei 2021 di Saint Petersburg Stadium yang terletak di kota St Petersburg, Rusia. Itu akan jadi kali kedua Rusia terpilih menjadi lokasi final Liga Champions setelah sebelum sempat menggelar di Luzhniki Stadium di tahun 2008.

 

UEFA melalui situs resmi mereka juga menginformasikan venue final Liga Champions Eropa untuk dua musim berikutnya. Di musim 2021/2022, laga final akan digelar di markas Bayern Munchen, Allianz Arena. Sementara itu, di musim 2022/2023 UEFA memutuskan untuk menunjuk stadion keramat dan kebanggan publik Inggris, Wembley Stadium. Dalam dekade ini, Wembley sudah dua kali menjadi tuan rumah final Liga Champions yakni pada tahun 2011 dan 2013.

 

Lalu, apakah tim favorit kamu akan mencapai babak final di musim ini? Sejauh ini ada beberapa tim yang difavoritkan untuk menjadi kampiun Liga Champions musim 2020/21, salah satunya adalah Bayern Munchen. Tentu saja, predikat sebagai juara bertahan dan penampilan impresif di musim lalu menempatkan Die Roten sebagai kandidat terkuat peraih trofi UCL musim ini. Kendati demikian, tim-tim lain seperti Liverpool, Manchester City, Barcelona, Real Madrid, dan Paris Saint-Germain juga berpotensi meraih gelar ini andai Munchen gagal mempertahankan performa apik mereka.

 

Setelah mengetahui kapan final Liga Champions UEFA musim ini digelar, kita tentunya sangat menantikan hal itu. Meskipun demikian, masih ada potensi laga final tersebut digelar tanpa kehadiran penonton karena pandemi virus Corona masih belum berakhir. Kendati demikian, keseruan laga final kompetisi antarklub benua Eropa ini masih sangat layak untuk dinantikan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of