Mengenal tentang Apa Itu UEFA Nations League

Gagasan mengenai UEFA Nations League sudah mengemuka sejak tahun 2017 lalu. Pada akhirnya, kompetisi antar negara Eropa ini akhirnya resmi digelar pertama kali di tahun 2018. Timnas Portugal keluar sebagai juara UEFA Nations League edisi pertama setelah menaklukan Timnas Belanda di laga final dengan skor 1-0. Tapi, sebenarnya apa itu UEFA Nations League? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu UEFA Nations League & Beda dengan Piala Eropa (EURO) - Tirto.ID

Seperti yang telah disebutkan di atas, UEFA Nations League mulai digagas pada tahun 2017. UEFA Nations League adalah liga internasional yang digelar dengan diikuti oleh negara-negara Eropa. Perhelatan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sepakbola internasional dan mengurangi jumlah laga persahabatan yang dinilai kurang efektif untuk meningkatkan kualitas tim nasional negara Eropa.

 

Pada akhirnya, UEFA Nations League edisi pertama berhasil digelar pada tahun 2018 di mana Portugal menjadi juaranya. Lalu, bagaimana format format kompetisi ini hingga akhirnya Portugal menjadi juara?

 

Format UEFA Nations League

 

UEFA Nations League bukanlah sebuah turnamen seperti Piala Dunia atau Piala Eropa, melainkan sebuah liga. Liga ini melibatkan 55 tim nasional negara Eropa yang dibagi menjadi empat divisi liga yaitu Divisi A, B, C, dan D. Setiap divisi itu dibagi lagi menjadi empat grup. Liga A akan mencakup tim-tim dengan peringkat atas di klasemen UEFA sementara liga D dihuni oleh tim-tim peringkat bawah UEFA.

 

Liga A dan B terdiri dari empat grup yang masing-masing terdiri dari tiga tim. Liga C terdiri dari satu grup yang berisi tiga tim dan tiga grup lain terdiri dari empat tim sedangkan Liga D berisi empat grup yang dihuni oleh masing-masing empat tim.

 

Sama seperti liga seperti Premier Leage atau Serie A, di UEFA Nations League juga diterapkan sistem promosi dan degradasi.

 

Final Four

 

Di liga ini ada istilah bernama final four. Di edisi pertama, babak final four dilangsungkan pada Juni 2019 lalu. Pada fase ini, keempat juara grup liga akan saling berhadapan dengan format sistem gugur (semifinal dan final) untuk memperebutkan gelar juara UEFA Nations League.

 

Undian akan dilakukan untuk menentukan tim yang akan bertanding di babak final four. Apabila kalah di babak ini, maka tim akan secara otomatis tersingkir.

 

Aturan dan regulasi kompetisi liga ini bisa disebut cukup kompleks. Namun, secara umum, UEFA mengklaim bahwa kompetisi ini akan menciptakan pertandingan yang lebih kompetitif untuk tim nasional di negara-negara Eropa.

 

Kendati demikian, kompetisi ini tidak sepenuhnya akan menghilangkan pertandingan persahabatan yang sebelumnya biasa digelar. Menurut UEFA, masih akan ada ruang dalam kalender UEFA yang bisa digunakan untuk pertandingan persahabatan internasional.

 

Dengan demikian, tim-tim negara Eropa masih memiliki peluang untuk menggelar laga uji coba menghadapi tim dari benua lain. Seperti diketahui, timnas dari negara Eropa kerap menggelar laga uji coba menghadapi tim-tim asal Amerika Selatan, seperti Brasil, Uruguay, hingga Mexico.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa itu UEFA Nations League? Meski baru memasuki edisi pertama, liga ini ternyata cukup menjanjikan karena mendapat antusias yang cukup besar dari penonton maupun pemain dari masing-masing negara. Di perhelatan edisi kedua yang sekarang sudah mulai bergulir, sayangnya mereka harus bermain tanpa kehadiran penonton karena pandemi virus Corona. Meski demikian, keseruan liga antar negara Eropa ini masih bisa kamu saksikan melalui layar televisi.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of