Connect with us
ads banner header

Berita Bola

Juan Mata dan 4 Pemain yang Sisihkan Gaji untuk Kegiatan Amal

Juan Mata dan 4 Pemain yang Sisihkan Gaji untuk Kegiatan Amal

Gelandang Manchester United, Juan Mata, terkenal sebagai salah pesepak bola yang kerap membantu sesama. Mata berhasil menginspirasi beberapa pemain untuk melakukan hal serupa.

Mata adalah sosok di balik gerakan amal Common Goal. Pemain asal Spanyol itu menyisihkan satu persen dari gajinya bersama Manchester United.

Gerakan tersebut Mata buat karena merasa terkejut dengan kemiskinan yang dia lihat. Sang pemain mengajak para pesepak bola lain untuk melakukan hal serupa.

“Saya mengajak para pesepak bola profesional untuk menyumbangkan satu persen gaji kepada badan amal Common Goal. Kami akan menyalurkan dana untuk memajukan sepak bola di seluruh dunia,” ujar Mata pada Agustus 2017.

Menurut BBC, gaji Mata di Manchester United mencapai tujuh juta poundsterling (Rp 126 miliar) per tahun. Hal itu berarti eks pemain Real Madrid tersebut menyumbangkan sekitar 70.000 (Rp 1,26 miliar) poundsterling kepada Common Goal setiap tahun.

Ajakan Mata tersebut rupanya sukses mengetuk hati sejumlah pesepak bola profesional. Sebanyak 33 pemain telah bergabung dengan Common Goal untuk membantu sesama.

Lantas, siapa saja pemain yang telah mengikuti jejak Juan Mata untuk menyisihkan sebagian pendapatan mereka?

Mats Hummels

Tidak butuh waktu lama untuk bek Bayern Munchen, Mats Hummels, memutuskan untuk mengikuti langkah Mata. Hummels bergabung dengan Common Goal pada pertengahan Agustus 2017.

“Setelah mendengar tentang Common Goal, saya tidak butuh waktu lama untuk berpartisipasi. Saya tahu ini adalah kesempatan bagi sepak bola untuk mengembangkan dunia. Saya ingin menjadi bagian dari gerakan ini,” kata Hummels saat bergabung Common Goal.

“Menurut saya, kita dapat mengeluarkan gaji untuk sesuatu yang berguna, itu membuat saya tertarik bergabung dengan Common Goal. Lewat satu persen gaji, kita dapat membantu mengubah dunia,” lanjutnya.

Giorgio Chiellini

Bek Juventus, Giorgio Chiellini, menjadi pesepak bola asal Italia pertama yang bergabung dengan Common Goal. Bahkan, Chiellini sempat menyembunyikan partisipasinya pada kegiatan tersebut.

Chiellini berharap keputusannya berpartisipasi pada Common Goal dapat menjadi contoh untuk para pesepak bola muda. Bek timnas Italia itu berharap para pemain muda menyadari jika mereka punya kewajiban untuk membantu sesama.

“Sebagai pesepak bola profesional, kita beruntung dibandingkan sebagian besar orang-orang lain. Menurut saya, penting bagi kami untuk membantu sesama yang kurang beruntung. Saya yakin kami bisa melakukannya,” kata Chiellini.

Shinji Kagawa

Mantan rekan satu tim Mata di Manchester United, Shinji Kagawa, menjadi pemain Asia pertama yang berpartisipasi pada kegiatan Common Goal. Kagawa merasa bahagia dengan kegiatan yang dilakukan oleh Mata tersebut.

“Sepak bola telah memberikan banyak hal dalam hidup saya. Saya sangat bersyukur atas kesempatan ini. Sekarang, giliran saya untuk membantu orang lain melalui olahraga ini,” kata Kagawa.

“Common Goal adalah cara tercepat untuk melakukan itu di seluruh dunia. Kegiatan ini berjalan dengan sangat cepat. Saya dengan bangga akan mempromosikan kegiatan ini di Jepang,” lanjutnya.

Alex Morgan

Kegiatan Common Goal tidak hanya menjadi wadah beramal bagi pesepak bola pria. Beberapa pemain wanita juga mengikuti gerakan tersebut, termasuk Alex Morgan.

Alex merupakan salah satu andalan di lini depan timnas putri Amerika Serikat. Pemain berusia 28 tahun itu mempersembahkan Piala Dunia 2015 dan Olimpiade 2012.

“Seiring berkembangnya sepak bola wanita, saya dan rekan saya, Megan Rapinoe, ingin memanfaatkan status kami untuk membantu sesama. Saya senang bergabung dengan Common Goalsejak awal dan berahap kami dapat menginspirasi pesepak bola lain,” kata Alex.

Comments

Jadwal TV Bola

Prediksi Skor Bola

Dibaca Pengunjung

More in Berita Bola

agen bola tanpa deposit inibet188